Terdengar nyaring bunyi bel di tabuh.
“Teng.... teng.... teng.....”
“Horeee.......”, teriak anak-anak demi mendengar bel tanda sekolah usai yang dipukul oleh Pak Bon yang bertugas di SD Utama Malang.
“Nah, anak-anak, jangan lupa besok kalian harus membawa PR matematika yang telah diberikan kemarin”, kata Pak Agung, guru kelas IV di SD tersebut.
“Mereka yang tidak mengerjakannya akan Bapak beri hukuman menyapu lantai”.
“Ya, Paaaak”, teriak anak-anak dengan serempak.
Dua anak bersungut-sungut sambil keluar ruangan kelas.“Horeee.......”, teriak anak-anak demi mendengar bel tanda sekolah usai yang dipukul oleh Pak Bon yang bertugas di SD Utama Malang.
“Nah, anak-anak, jangan lupa besok kalian harus membawa PR matematika yang telah diberikan kemarin”, kata Pak Agung, guru kelas IV di SD tersebut.
“Mereka yang tidak mengerjakannya akan Bapak beri hukuman menyapu lantai”.
“Ya, Paaaak”, teriak anak-anak dengan serempak.
“Semua ini gara-gara Pak Haryo”, kata Bedu.
“Kalau Pak Haryo tidak pensiun minggu lalu, Pak Agung tidak akan menggantikannya mengajar kita”, terusnya.
“Dan kita tidak akan sering mendapat PR”, sahut Dodit.
“Mentang-mentang baru lulus dari IKIP, seenaknya saja menyuruh kita mengerjakan PR matematika yang sulit seperti ini”.
“Ya begitulah guru baru yang berlagak, Agung Prasetyo W.”, sahut Bedu lagi tak mau kalah.
“Tapi tenang saja Dit, kita jalankan rencana kita seperti biasanya. Siapa ya korban berikutnya?”
Belum sempat Dodit menjawabnya, terdengar langkah kecil mendekati mereka.
“Hai Bedu, hai Dodit, apa kabarnya. Eh, sori ya, aku terburu-buru nih, harus segera pulang ke rumah”.
Bedu dan Dodit berpandangan penuh keheranan.
“Tidak biasanya tuh si Azhar menyapa kita”, bisik Dodit.
“Iya, biasanya dia malah selalu menghindar kalau kita dekati”, kata Bedu dengan berbisik juga. Sejurus kemudian mereka berdua bertatapan mata dan tersenyum. Dodit mengangguk melihat pandangan mata Bedu yang meminta persetujuan.
“Eh Azhar, jangan pergi dulu. Ke sini sebentar deh, kita kan sedang ada perlu sama kamu”, kata Bedu.
“Iya kan Dit?”.
“Iya”, kata Dodit sambil memegang tangan Azhar.
“Kita mau minta tolong seperti biasanya deh, untuk besok pagi”.
Azhar menghentikan langkahnya dan membalikkan badannya.
“Maksudmu PR matematika besok?”, tanya Azhar.
“Iya, seperti biasanya, kamu kerjakan PR tersebut. Lalu setelah selesai, kami akan mencontohnya”, kata Bedu.
Melihat gelagat si Azhar yang ragu-ragu, si Dodit dengan cepat memegang kerah Azhar dan memelototkan matanya.
“Awas, jangan coba-coba menolak ya. Sudah lama kamu tidak mengerjakan PR untuk kami. Jadi sekarang giliranmu”.
“Tapi..... tapi, soal matematikanya kan sulit, aku juga tidak dapat mengerjakannya”, kata Azhar agak gemetaran.
“Tidak dapat mengerjakan?”, kata Bedu.
“Iya betul, kan soalnya kan sulit” kata Azhar.
“Tidak mungkin”, bentak Bedu.
“PR matematika kali ini memang sulit sekali” ucap Azhar.
“Pokoknya kamu kerjakan dengan betul siang ini, malam nanti kami ke rumahmu untuk menyalinnya”, ancam Dodit.
Azhar berpikir sejenak, kemudian katanya “Ah, aku punya ide. Bagaimana kalau kita minta bantuan seseorang. Kebetulan Omku yang dari Jogja sedang ada di sini, jadi kita bisa minta tolong dia untuk mengerjakan PR itu”.
Bedu dan Dodit berpandangan, mereka ganti ragu-ragu.
“Tenang deh, aku jamin Om Wid pasti dapat mengerjakan soal matematika sesulit apapun. Dia kan kuliahnya di universitas ternama di Jogja” kata Azhar menenangkan mereka.
Bedu dan Dodit berkata bersamaan, “OK, kami akan ke rumahmu jam 7 malam nanti”.
“Siiip, aku pulang dulu ya”, kata Azhar sambil berlari meninggalkan mereka sambil tertawa-tawa.
Malamnya, hampir pukul tujuh, Bedu dan Dodit bersepeda berboncengan sambil membawa tas mereka. Sampai di rumah Azhar, sebelum Dodit mengetuk pintu, Azhar sudah keluar rumah sambil berkata.
“Ayo langsung masuk saja, Om Wid masih mandi, tapi sebentar lagi juga selesai”.
Dodit dan Bedu tampak bingung. Kedua anak ini memang terkenal sebagai anak termalas di kelas IV SD Utama. Mereka tidak pernah mau belajar dengan sungguh-sungguh. Jika ada PR, mereka memaksa murid-murid lain untuk mengerjakannya dan kemudian mereka tinggal mencontohnya. Sudah beberapa kali mereka memaksa Azhar untuk mengerjakan PR mereka, namun baru kali ini Azhar tampak bersemangat.
Mereka bertiga lalu masuk ke ruang tengah, menaruh buku di atas meja, dan duduk di atas kursi sambil berbisik-bisik.
“Betul nih, Ommu itu dapat mengerjakan PR matematika yang sulit itu”, tanya Dodit.
Azhar dengan tegas menjawab, “Pasti deh, PR yang paling sulitpun Om Wid dapat mengerjakannya. Dia kan jago matematika.”
“Soalnya, kalau kita tidak dapat mengerjakannya, besok pasti kita akan mendapat hukuman dari Pak Agung”, kata Bedu yang menjadi tenang setelah mendengar jawaban Azhar.
Seseorang masuk ke dalam ruang tengah.
“Perkenalkan, ini Om Wid, ahli matematika dari Jogja”, kata Azhar mengiringi kedatangan orang itu.
“Hai, apa kabar Dodit dan Bedu”, sapa orang itu.
Merasa tidak asing dengan suara tersebut, Bedu dan Dodit terkejut mendengarnya. Terlebih ketika mereka melihat wajah orang itu di bawah sinar lampu ruang tengah.
“Pak....... Pak Agung”, kata mereka lirih, hampir tidak terdengar.
“Iya, perkenalkan namaku adalah Agung Prasetyo Widodo. Baru saja lulus dari pendidikan Matematika di Jogja”.
“Lho, jadi kepanjangan dari W itu adalah Widodo”, pikir mereka tak percaya.
“Bapak dengar dari Azhar, keponakan saya, kalian memintanya untuk mengerjakan PR yang Bapak berikan kemarin ya”. Dodit dan Bedu tidak menjawabnya, mulut mereka terasa terkunci.
“Bapak dengar juga dari teman-teman kalian, kalian suka memaksa mereka untuk mengerjakan PR lalu kalian mencontohnya, betulkah begitu?”, tanya Pak Agung berwibawa.
“Bet...betul Pak”, kata Bedu dan Dodit, tak mampu mereka berbohong dan menyangkal pertanyaan guru mereka.
“Apakah kalian tidak tahu bahwa perbuatan itu tidak baik. Tujuan Bapak memberi kalian PR adalah agar kalian dapat berlatih mengerjakan soal dengan baik. Dengan demikian kalian akan dapat dengan mudah memahami materi pelajaran yang Bapak sampaikan”. Pak Agung menatap kedua anak yang dengan takutnya menundukkan kepala. Takut bercampur dengan malu.
“PR yang Bapak berikan bukanlah soal yang tidak mungkin kalian kerjakan. Sebagai seorang guru, Bapak selalu memberikan beban yang sesuai dengan kemampuan kalian. Andaikata kalian mau berusaha, tentu kalian dapat mengerjakannya sendiri. Azhar pun mampu mengerjakannya. Dia hanya Bapak suruh untuk mendekati kalian dan berpura-pura tidak dapat mengerjakannya”.
Bedu dan Dodit saling berpandangan. “Jadi, Azhar.....”.
“Betul, Azhar hanya bersandiwara agar kalian terpancing kemari”.
“Pantas saja. Tadi siang Azhar mendekati kami. Itu kan aneh sekali. Biasanya kalau ada PR, murid-murid lain selalu menghindar”, seru Bedu pada Dodit.
Pak Agung tertawa dan berkata “Kalian jangan menyalahkan Azhar. Dia bahkan telah berjasa membawa kalian kemari sehingga Bapak dapat menasehati kalian. Yang Bapak harapkan adalah kalian berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan kalian tersebut. Mau kan, Dodit, Bedu?”
“Mau Pak”, jawab Dodit dan Bedu serentak dan tegas.
”Kami berjanji untuk tidak memaksa murid lain untuk mengerjakan PR kami. Kami berjanji tidak akan mencontek PR lagi. Dan kami berjanji akan rajin belajar dan mengerjakan PR sendiri”.
“Sebetulnya kalian boleh saja bertanya kepada orang lain jika kalian kesulitan dalam mengerjakan PR. Namun itu hanya dilakukan setelah kalian berusaha dengan sungguh-sungguh, dan bertanyapun hanya sekadarnya, tidak semuanya. Bapak yakin kalian akan berhasil memperoleh prestasi apabila kalian bersungguh-sungguh dan berusaha keras, tidak berbuat curang, serta jangan lupa berdoa”.
“Ya Pak”.
“Baiklah, sekarang kalian bertiga bersama-sama mengerjakan PR kalian. Ingat, hukuman menyapu lantai kelas bagi yang tidak mengerjakan PR”.
“Siap Pak......ha..ha..ha”
Pecah tawa berderai dari ketiga anak itu. Pak Agung tersenyum dan merasa puas, dia telah berhasil mengubah tabiat anak-anak itu kali ini. Apakah mereka sadar untuk seterusnya? Semoga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar